Secara sederhana, Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan customer secara efektif dan efisien sehingga hubungan tersebut menjadi hubungan yang semakin menguntungkan.
Salah satu perusahaan yang memanfaatkan CRM ialah Deutsche Bank. Sebagai sebuah perusahaan perbankan berskala global, Deutsche Bank dituntut untuk dapat menjaga hubungan baik dengan begitu banyak relasi dan customer. Oleh karena itulah, Deutsche Bank akhirnya memutuskan untuk ikut menerapkan CRM dengan menggunakan software khusus yang dibuat oleh Luxoft, sebuah perusahaan software asal Rusia.
Sejak menerapkan CRM, Deutsche Bank merasakan berbagai dampak positif diantaranya, waktu kerja yang diperlukan semakin sedikit; pengematan biaya hingga 30 persen; serta data yang lebih tersentralisasi dan teratur.
CRM di Beijing Telecom
15 tahun yang lalu
1 komentar:
CRM emang harus database ato bisa yang laen?
Posting Komentar