17 September 2008

ERP : harga mahal vs efisiensi

Secara sederhana Enterprise Resources Planning (ERP), dapat dikatakan sebagai sebuah sistem terintegrasi yang menghubungkan berbagai bagian dalam suatu industri untuk memudahkan pengawasan dan peningkatan efisiensi.
Dengan menggunakan ERP, aliran informasi antar bagian akan terkumpul menjadi satu dalam sebuah database besar. Sekalipun biaya yang diperlukan untuk sebuah sistem ERP secara lengkap (software + implementasi) sangat mahal, tetapi banyak perusahaan besar tetap berlomba menggunakannya sebagai sarana meningkatkan efisiensinya. Dari banyak vendor yang menyediakan software dan database ERP, dua perusahaan yang paling terkenal di dunia ialah Oracle dan SAP.
Di Indonesia sendiri, salah satu perusahaan yang ikut menggunakannya ialah Saranacentral Bajatama. Perusahaan yang bergerak pada pengadaan baja untuk industri otomotif dan properti ini, memilih menggunakan SAP R/3. Dampak positif dari implementasi ini dirasakan oleh hampir semua bagian mulai dari bagian produksi, pemasaran, accounting hingga customer relationship.

Tidak ada komentar: