17 September 2008

Sekilas tentang Knowledge Management..

Dalam beberapa kasus, ketika ada karyawan tertentu yang keluar dari perusahaan maka kinerja perusahaan tersebut akan menurun. Hal ini disebabkan oleh kemampuan yang dimiliki karyawan tersebut tidak dimiliki oleh karyawan yang lain. Untuk mengatasinya, banyak perusahaan yang mengembangkan knowledge management sebagai sarana dalam mempertahankan kinerjanya.

Knowledge management (KM) merupakan sebuah sistem yang banyak diterapkan oleh perusahaan untuk dapat mengorganisasikan dan mengembangkan pengetahuan / kemampuan yang dimiliki setiap karyawannya agar dapat terus memberi manfaat yang optimal untuk perusahaan.

Salah satu perusahaan yang mengimplementasikan KM ialah Unilever. Sebagai sebuah perusahaan multinasional, Unilever perlu memanfaatkan KM sebagai sarana untuk mempertahankan kualitas dari barang yang diproduksi dan pelayanannya terhadap konsumen. Salah satu dampak positif dari implementasi KM tersebut ialah penurunan production cost sehingga profit yang diperoleh pun semakin meningkat.

Tidak ada komentar: